RSS

Siapa, Perusahaan, dan Mengapa

Seperti yang saya pernah bilang di tulisan saya sebelumnya, Kreatif itu bersifat relatif. Pendapat satu orang dengan yang lain pastinya berbeda.

Menurut Saya, orang yang paling kreatif adalah Walt Disney. Beliau  menciptakan tokoh – tokoh kartun yang sangat terkenal dan juga menarik, walaupun  hanya dapat dinikmati namun begitu membawa kebahagiaan untuk banyak orang. Pada  awalnya Walt Disney  sempat mengalami beberapa kegagalan dalam menciptakan tokoh  serta film kartun. Sampai akhirnya, Beliau berhasil membuat kartun dengan suara yang  berjudul  Steamboat Willie, karena film itu jugalah popularitas Mickey meningkat tajam .  Tidak  berhenti sampai  situ, Walt Disney dengan kreatif tetap menciptakan tokoh kartun  seperti Snow White and the  Seven Dwarfs, yang filmnya diproduksi dari tahun 1934  hingga  pertengahan tahun 1937.  Setelah itu Walt Disney terus memproduksi film – film  Animasi  disneynya dan menjadi  Zaman Keemasan Animasi. Selain menciptakan tokoh  – tokoh  kartun, Walt Disney juga menciptakan Disneyland. Disneyland awalnya  diharapkan  menjadi tempat pekerjanya menghabiskan waktu dengan anak-anak  mereka. Namun tak disangka Disneyland  berkembang pesat dan menjadi pusat hiburan  yang ramai  dikunjungi. ” The happiest place on earth” digunakan sebagai kata – kata  yang menggambarkan Disneyland.  Sekarang ini  pun disney  bukan hanya sekedar  hobby atau interest, namun telah menjadi  Lifestyle.

 

Lalu, masuk ke pertanyaan kedua. Perusahaan yang paling kreatif  menurut saya adalah Twitter Inc, yang mengoperasikan Twitter. Dengan Twitter kita dapat membuat teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Tweet dapat dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat Tweet penulis lain yang dikenal dengan sebutan followers. Menurut saya, twitter adalah salah satu media yang sangat creative. Tidak hanya menyampaikan pesan namun dapat dipakai sebagai media iklan, promosi, dan informasi. Pertumbuhan pengguna Twitter juga sudah sangat berkembang pesat. Pada tahun 2007 hanya sekitar 400.000 tweet perhari dan seiring dengan berjalannya waktu pada Juni 2010 sekitar 65 juta tweet yang dikirim-tampil setiap hari, setara dengan sekitar 750 tweet dikirim setiap detik. Di Indonesia, Twitter sangatlah populer. Terlebih lagi, kemudahan yang disediakan oleh telepon seluler yang ada serta aplikasi yang mendukung. Hal ini membuat Indonesia menduduki peringkat ke enam sebagai negara dengan pengguna Twitter terbanyak, meski Amerika masih menjadi negara nomor satu untuk urusan Twitter.

Mengapa perlu kreatif?? Kreatif tentunya diperlukan untuk bertahan hidup di zaman globalisasi. Sebenarnya barang – barang yang kita pakai sehari – hari pun adalah hasil dari adanya kreativitas. Namun tidak hanya sampai situ untuk dapat berkembang dan bertahan inovasi juga diperlukan. Blackberry contohnya, pada dasarnya adalah media komunikasi yang mempunyai fungsi – fungsi dasar alat komunikasi pada umumnya. Namun, dengan beberapa nilai tambah kreativitas dan juga inovasi seperti Blackberry Messenger, Push Email, dan aplikasi tambahan lainnya membuat Blackberry menjadi All in One Media Komunikasi. Jika tidak ada kreativitas, mungkin kita tetap menggunakan alat media komunikasi seperti Telepon Umum, Pager atau bahkan surat pos. Maka dari itulah Kreatif diperlukan, selain untuk bertahan hidup juga untuk terus berkembang.

Advertisements
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: