RSS

UTS Creativity & Innovation

Mahasiswa sudah selayaknya adalah sosok dewasa dan penuh semangat. Sepanjang sejarah, mahasiswa di berbagai bagian dunia telah mengambil peran penting dalam sejarah suatu negara. Miasalnya, di Indonesia pada Mei 1998, ribuan mahasiswa berhasil memaksa Presiden Soeharto untuk mundur dari jabatannya. Setiap orang pada umumnya menganggap bahwa Mahasiswa itu pasti sudah berfikir jauh ke depan dan sudah menyiapkan langkah – langkah untuk melanjutkan hidup ke jenjang yang lebih tinggi. Namun bagaimana jika kenyataannya tidak seperti yang dikira kebanyakan orang. Kita, mahasiswa sudah terlalu nyaman dengan apa yang kita dapat sekarang. Kesibukan berorganisasi, suasana hidup kampus, kepanitiaan suatu acara tanpa disadari membuat kita seperti keong yang sudah terlalu malas untuk keluar dari zona nyaman. ITB ( Institut Teknologi Bandung), sewajarnya mahasiswa di ITB mempunyai kesempatan yang sangat besar dalam berkreasi dan berinovasi. Salah satu bentuk pencapaiannya dengan berkreasi di bidang yang kita tekuni dan ilmu yang kita dapat. Misal anak mesin dapat berkreasi dan berinovasi dengan menciptakan mobil berbentuk tabung dengan tenaga matahari atau anak SBM dapat membuat sebuah jaket dari bahan kertas ramah lingkungan tidak dapat robek dan anti air yang berpeluang besar untuk di jual. Isu – isu yang mendukung sekarang pun seperti Entrepreneur, Creativepreneur, dll sebenarnya sangat berpeluang dan berprospek untuk kita mahasiswa, berkreasi dan inovasi.

Tapi untuk pencapaiannya tidaklah semudah itu, pastinya menghadapi beberapa kendala. Menurut saya, dua kendala terbesar yang menghambat para mahasiswa untuk menjadi kreatif dan inovatif adalah LINGKUNGAN dan KEPERCAYAAN DIRI. Lingkungan yang tidak mendukung dapat membuat kita jadi tidak berkembang, karena secara tidak langsung sikap kita sehari – hari mencermikan lingkungan kita tinggal dan bergaul. Jika lingkungan tidak mendukung, sangat sulit tentunya mengumpulkan kemauan dan motivasi lalu kitapun malas untuk bergerak. Kendala lainnya adalah kepercayaan diri, bagaimana kalau sebenarnya kita mempunyai kemampuan tapi kita tidak percaya diri. Takut untuk gagal juga menjadikan kita tidak percaya diri dan nyali ciut, bahkan sebenarnya kita juga belum sempat mencoba bagaimana kita tahu bahwa kita akan gagal jika mencoba saja belum. We never know, if we never try tapi tentunya dibutuhkan keyakinan dan kepercayaan diri bahwa kita bisa agar kita dapat menjadi kreatif dan inovatif.

Sebenarnya dalam kreatif dan inivatif. Terdapat 5 tingkat kreativitas yaitu Existential, Communicational, Instrumental, Oriental, Innovational. Lalu ada pula 4 level inovasi yaitu inovasi teknologi, inovasi produk, inovasi proses, dan inovasi bisnis model. Dalam pengembangannya ternyata ada inovasi – inovasi yang kita bisa adaptasi. Contohnya produk Maicih adalah salah satu inovasi produk sebenarnya itu hanyalah sebuah kripik biasa namun dengan added value ditambah dengan cara pengemasan dan branding menjadi salah satu produk ber inovasi. karena untuk menjadi kreatif dan ber inovatif bukanlah kita harus menciptakan sesuatu dari nol namun juga dapat dibuat dengan menambah added value di produk tersebut. Terlebih kita harus berani untuk Dare to be different, justru yang bedalah yang menjadi nilai tambah dan peluang. Menurut buku the world is flat semua pesaing memiliki kesempatan yang sama. The World Is Flat sendiri adalah buku yang menceritakan Sejarah Singkat Abad Twenty-First yang merupaka buku terlaris internasional oleh Thomas Friedman yang menganalisa globalisasi, terutama diawal abad 21. Yang terpenting adalah kita tahu bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama, semua itu tergantung dengan kemauan masing – masing, karena jika ada kemauan pasti ada jalan.

Cover Buku The World Is Flat
 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: